Awal Google Bermula




Sejarah Google
Google lahir dari sebuah pertemuan dua cowok yang terjadi secara tidak sengaja pada tahun 1995 lalu. Larry Page, alumnus Universitas Michigan, yang sedang menikmati kunjungan simpulan pekan, tanpa sengaja dipertemukan dengan Sergey Brin, salah seorang murid yang menerima kiprah mengantar keliling Lary.

Dalam pertemuan tanpa sengaja tadi, dua pendiri Google tersebut sering terlibat diskusi panjang. Keduanya mempunyai pendapat dan pandangan yang berbeda sehingga sering terlibat perdebatan. Namun, perbedaan pemikiran mereka justru menghasilkan sebuah pendekatan unik dalam menuntaskan salah satu tantangan terbesar pada dunia komputer. Yakni, duduk masalah bagaimana memperoleh kembali data dari set data masif.

Pada Januari 1996, Larry dan Sergey mulai melaksanakan kerja sama dalam pembuatan search engine yang diberi nama BackRub. Setahun kemudian pendekatan unik mereka wacana analisis jaringan mengangkat reputasi BackRub. Kabar mengenai teknik gres mesin pencari pribadi menyebar ke penjuru kampus.

Larry dan Sergey terus menyempurnakan teknologi Google sepanjang awal 1998. Keduanya juga mulai mencari investor untuk menyebarkan kecanggihan teknologi Google.

Gayung pun bersambut. Mereka menerima suntikan dana dari sobat kampus, Andy Bechtolsheim, yang merupakan pendiri Sun Microsystems. ''Kami bertemu dengan Andy pada pagi buta, di serambi asrama mahasiswa fakultas Stanford, di Palo Alto,'' ujar Sergey. ''Kami mengatakan demo secara singkat sebab Andy tak mempunyai waktu yang cukup lama. Lalu, beliau hanya berkata, 'Mengapa tidak saya tulis cek untuk kalian?''

Sebuah cek senilai 100 ribu dolar AS diberikan oleh Andy Bechtolsheim. Sayangnya, cek itu tertulis atas nama perusahaan Google. Padahal dikala itu perusahaan berjulukan Google belum didirikan oleh Sergey dan Larry.  

Investasi dari Andy menjadi sebuah dilema. Larry dan Sergey tak mungkin menyairkan cek selama belum ada forum legal yang berjulukan perusahaan Google. Karena itu, dua pendiri Google ini kembali bekerja keras dalam mencari investasi. Mereka mencari pendana dari kalangan keluarga, teman, dan sejawat sampai alhasil terkumpul dana sekitar 1juta dolar. Dan akhirnya, perusahaan Google pun sanggup didirikan pada 7 Septembar 1998 dan dibuka secara resmi di Menlo Park, California.

Penamaan Google



Nama Google dengan dua 'o' pun unik. Sebab, kalau data hasil pencarian ditemukan, jumlah 'o' akan muncul sebanyak web yang didapat oleh mesin pencari.
Kata Google berasal dari kata googol. Kata ini berhasil diciptakan oleh Milton Sirotta, keponakan Edward Kasner, spesialis matematika dari AS. Sirotta menciptakan istilah googol untuk menyebutkan angka satu (1) yang diikuti 100 angka nol (0).

Luar biasa. Googol merupakan kata yang memperlihatkan sebuah bilangan yang sangat besar jumlahnya. Bilangan yang melebihi bilangan miliar atau triliun. Dan di alam semesta ini tak ada benda yang berjumlah sampai googol-an. Tidak itu bintang, tidak itu partikel debu, dan tak pula atom.
Karena itu, penggunaan kata Google merupakan refleksi dari kata googol. Dengan kata tersebut, Google berusaha merefleksikan dirinya sebagai perusahaan yang mempunyai misi mengelola sesuatu yang sangat luas dan tak terbatas. Dan itu hanya terdapat pada dunia saiber kawasan gosip melimpah tanpa batas.



Apa itu Google ???

Google yakni sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkekhususan pada jasa dan produk Internet. Produk-produk tersebut mencakup teknologi pencarian, komputasi web, perangkat lunak, dan periklanan daring. Sebagian besar labanya berasal dari AdWords.

Tokoh Penemu Google  Sergey Brain dan Larry Page

Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin dikala masih mahasiswa Ph.D. di Universitas Stanford. Mereka berdua memegang 16 persen saham perusahaan. Mereka mengakibatkan Google perusahaan swasta pada tanggal 4 September 1998. Pernyataan misinya yakni "mengumpulkan gosip dunia dan membuatnya sanggup diakses dan bermanfaat oleh semua orang",dan slogan tidak resminya yakni "Don't be evil". Pada tahun 2006, kantor sentra Google pindah ke Mountain View, California.

Sejak didirikan, pertumbuhan perusahaan yang cepat telah menghasilkan banyak sekali produk, akuisisi, dan kerja sama di bidang mesin pencari inti Google. Perusahaan ini mengatakan perangkat lunak produktivitas daring (dalam jaringan), temrasuk surat elektronik (surel), paket aplikasi perkantoran, dan jejaring sosial. Produk-produk komputer mejanya mencakup aplikasi untuk menjelajah web, mengatur dan menyunting foto, dan pesan instan. Perusahaan ini memprakarsai pengembangan sistem operasi Android untuk telepon genggam dan Google Chrome OS untuk jajaran netbook Chromebook. Google sudah beralih ke perangkat keras komunikasi. Mereka bekerja sama dengan banyak sekali produsen elektronik besar untuk memproduksi perangkat Nexus-nya dan mengakuisisi Motorola Mobility pada Mei 2012. Tahun 2012, infrastruktur serat optik dipasang di Kansas City untuk memfasilitasi layanan Internet pita lebar Google Fiber.

Perusahaan ini diperkirakan mengoperasikan lebih dari satu juta server di beberapa sentra data di seluruh dunia dan memproses lebih dari satu miliar kueri pencarian dan sekitar 24 petabita data buatan pengguna setiap harinya. Pada bulan Desember 2012, Alexa menyebut google.com sebagai situs web paling banyak dikunjungi di dunia. Situs-situs Google dalam bahasa lain masuk peringkat 100 teratas, sebagaimana halnya situs milik Google menyerupai YouTube dan Blogger. Google menempati peringkat kedua di basis data ekuitas merek BrandZ. Dominasi pasarnya menuai kritik mengenai hak cipta, penyensoran, dan privasi.




Belum ada Komentar untuk "Awal Google Bermula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel