Sebelum Transaksi Jual Beli Mobil Second Murah, Pastikan Keberadaan 5 Dokumen Ini!

Belakangan ini animo masyarakat untuk membeli sebuah kendaraan bekas atau second memang kian tinggi kembali, apalagi melihat mahalnya harga jual dari kendaraan-kendaraan baru di pasaran. Sehingga sebagian diantaranya kemudian memutuskan untuk memilih yang second saja, toh jika melihat dari segi harganya lebih murah dan banyak juga yang kualitasnya masih bagus. Sehingga nantinya Anda tidak akan rugi dalam membelinya. Mobil second murah memang banyak sekali ditawarkan. 


Ada beberapa orang yang lebih prefer atau memilih untuk membeli dari pemilik pertama dengan alasan tawaran harganya lebih terjangkau. Namun juga tidak dapat dipungkiri jika seandainya ada beberapa yang lebih memilih membeli lewat showroom, mengingat ada lebih banyak pilihan barangnya dan pastinya juga sudah jelas produknya. Hanya saja dalam transaksi pembelian kendaraan bekas ini juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan, karena takutnya Anda kecewa atau rugi nantinya, seperti jika salah dalam membeli kendaraan ilegal.

Jadi pastikan bahwa Anda memeriksa kelengkapan surat kendaraan tersebut, ini adalah bagian yang sangat penting untuk dilakukan. Berikut ini diantaranya ada beberapa dokumen yang hendaknya Anda perhatikan ketika ingin melakukan transaksi jual beli mobil second murah, yaitu:

  1. BPKB, ini adalah dokumen yang sangat penting, karena memang menentukan secara sah kepemilikan dari kendaraan tersebut, tanpa adanya BPKB ini maka kelak kendaraan tersebut tidak akan bisa dijual. Bahkan BPKB sendiri juga kerap kali digadaikan untuk dapatkan pinjaman uang. Cocokkan juga informasi yang tertera di bagian dalamnya apakah sesuai dengan pemilik ataukah tidak. Untuk mengecek keasliannya maka BPKB baik itu yang lama maupun baru terdapat sebuah hologram yang tampak dengan sinar ultraviolet.
  2. STNK, selain BPKB maka ada satu lagi yang tak kalah penting yaitu STNK. Disini nantinya ada informasi-informasi terkait dengan nomor mesin, nomor rangka, kemudian juga pembayaran dari pajak kendaraan tersebut, pastikan juga bahwa pembayarannya belum kadaluarsa atau dekat jatuh tempo. Karena hal ini nantinya akan berhubungan dengan negosiasi harga yang Anda lakukan.
  3. Faktur, ini adalah bukti pembelian yang diberikan dealer saat menerima unit kendaraan dari pabrik tersebut. Ada beberapa keterangan terkait dengan nomor rangka, nomor mesin, harga penjualan pabrik ke dealer hingga nama dari pembeli pertamanya. Bisa dikatakan bahwa ini adalah surat lahir kendaraan tersebut yang nantinya akan dipakai untuk mengurus pembuatan BPKB.
  4. Form A, surat ini berisi mengenai keterangan tentang pemasukan dari kendaraan bermotor, apakah sudah melunasi bea masuk dan juga pajaknya ataukah belum. Pada mobil CBU maka form A ini penting untuk dimiliki, karena menjadi bukti legal dari dikeluarkannya STNK dan juga BPKB kendaraan. Hal yang harus diperhatikan disini adalah keterangan terkait dengan nama dealer yang melakukan ekspor impor, nomor bea masuk, nomor form A dan sejenisnya apakah cocok atau tidak.
  5. Kwitansi kosong dan juga fotocopy KTP, nantinya ini digunakan untuk mempermudah proses balik nama kendaraan. Apalagi jika nantinya pembeli berencana untuk menjual kendaraan tersebut kepada pihak lainnya, jadi sudah pasti wajib untuk dipersiapkan.

Setidaknya itulah beberapa dokumen penting yang memang harus dicermati keberadaannya jika seandainya Anda ingin melakukan transaksi jual beli mobil second murah. Karena jika salah satunya tidak ada bisa mengundang masalah hukum, karena berkaitan dengan legalitasnya. Sebagai konsumen Anda harus cermat.


Belum ada Komentar untuk "Sebelum Transaksi Jual Beli Mobil Second Murah, Pastikan Keberadaan 5 Dokumen Ini!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel